Monday, July 31, 2017

Padah Lahap 54 Batang Ais Krim

  31/7/17

Zheng masuk rumah sakit setelah melahap 54 batang es krim. (Foto: SCMP)
Zheng masuk rumah sakit setelah melahap 54 batang es krim. (Foto: SCMP)

ZHEJIANG – China ketika ini sedang dilanda gelombang panas yang amat terik. Meskipun penduduk setempat sudah terbiasa menghadapi musim panas, tetap saja cahaya matahari yang menyengat boleh mengakibatkan haus dan dehidrasi.
Seorang lelaki berusia 44 tahun di Quzhou, Provinsi Zhejiang, China, termasuk salah seorang yang tidak tahan dengan cuaca panas. Pada suatu kali saat berada di rumah, lelaki bermarga Zheng itu merasa sangat lelah.

Dia lantas membuka peti sejuk untuk mencari sesuatu yang boleh mendinginkannya. Ketika menemukan simpanan ais krim miliknya, dia pun memutuskan untuk melahapnya. Demikian seperti dinukil dari Oddity Central,  31/7/2017.
Satu batang ais krim lumayan menyegarkan. Akan tetapi, Zheng masih kegerahan. Dia lalu melahap sebatang lagi. Terus begitu, hingga tak terasa sudah 54 batang ais krim masuk ke perutnya.

Namun setelah melahap ais krim sebanyak itu, mulutnya terasa kering. Jadi dia menimpanya dengan meminum segelas air ais, lalu pergi tidur.
Zheng menuturkan, yang dia tidur nyenyak malam itu. Meskipun akhirnya terbangun kerana merasa ada yang tak beres dengan perutnya.
Keesokan paginya, dia sarapan. Tapi semua makanan yang masuk, ujung-ujungnya dimuntahkan lagi.

Pada titik ini, Zheng pun pergi memeriksakan dirinya ke rumah sakit. Doktor menyatakan dia terserang gastroenteritis dan kejang perut. Setelah menjalani  rawatan selama beberapa hari, perutnya  pulih.
Meski begitu, gejala lain muncul. Kali ini doktor berasumsi ada yang salah dengan ginjalnya. Setelah dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar, dia didiagnosa menderita gagal ginjal.

Sayangnya, tidak dijelaskan secara detail bagaimana lelaki itu boleh mengalami gagal ginjal. Apakah ada hubungannya dengan makan ais krim lalu ditimpa lagi dengan air dingin atau tidak.

Menurut sejumlah artikel kesihatan, penderita gagal ginjal biasanya wajib membatasi asupan cairan dan menghindari makanan yang mengandung fosfor tinggi. Salah satunya, susu dan produk susu, seperti yogurt, keju, ais krim dan puding.

No comments:

Post a Comment