Saturday, October 20, 2018

Gara-Gara Desain, jemaah masjid Turki solat menghadap arah kiblat yang salah selama 37 tahun

  Sabtu 20 Oktober 2018 
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 20 18 1966676 gara-gara-desain-jamaah-masjid-turki-salat-menghadap-arah-yang-salah-selama-37-tahun-Po410q80D0.JPG 
Gambar hiasan (Foto: Reuters)

ANKARA – Warga Muslim di sebuah desa di barat Turki akhirnya mengetahui bahwa selama hampir empat dekade mereka telah solat menghadap arah yang salah. Kesalahan arah kiblat itu disebabkan oleh rancang lantai masjid dan baru diketahui baru-baru ini. 

Imam Isa Kaya memutuskan untuk menyelidiki isu yang menyatakan bahwa para jemaah di masjid di Desa Sugoren yang dipimpinnya telah solat menghadapi ke arah yang salah. Dalam agama Islam, setiap Muslim wajib solat menghadap ke arah kiblat di Makkah.

Setelah mengajukan permohonan ke pejabat mufti regional, Imam Kaya terkejut ketika mengetahui bahwa isu tersebut ternyata benar. Masjid yang dibangun pada 1981 itu ternyata memiliki kesalahan desain yang parah, kerana ceruk di dinding masjid yang seharusnya menunjuk ke arah Makkah ternyata melenceng sebesar 30 darjah dari tujuannya. 

Pejabat agama setempat telah memberikan solusi sementara untuk masalah ini dengan menggunakan garis putih di karpet masjid untuk menunjukkan arah kiblat yang benar.

“Kami telah menjelaskan situasinya kepada jemaah kami dan sebahagian besar dari mereka telah bereaksi positif terhadap solusi kami,” demikian disampaikan Imam kaya sebagaimana dikutip Hurriyet yang dilansir RT, Sabtu (20/10/2018).
Solusi tersebut akan digunakan sementara waktu saat struktur masjid didesain semula. 
sumber:Okezone

No comments:

Post a Comment