Sunday, July 3, 2011

Penemuan Unik: Serangga Menyanyi Melalui Alat Sulitnya


GLASGOW - Serangga air tawar Micronecta Scholtzi punya keahlian yang jarang terjadi . Serangga ini boleh bernyanyi dengan menggosokkan penisnya yang hanya setebal rambut manusia ke bahagian abdomen lewat mekanisme yang disebut stirdulasi. 

"Nyanyian yang dihasilkan sangat kuat sehingga orang yang berjalan di tepian sungai boleh mendengar serangga kecil ini bernyanyi dari dalam sungai," kata James Windmill dari University of Strathclyde, Glasgow. 

Windmill yang terlibat dengan kajian ini mengaku kagum dengan penemuannya. "Pada mulanya kami berfikir bahawa suara itu datang dari serangga air yang lebih besar, seperti dari spesies Sigara," kata Windmill. 

Dikatakan, nyanyian yang dihasilkan boleh mencapai 99.2 decibel, setara dengan suara orkestra yang tampil di depan mata. Dengan melihat ukuran tubuhnya, maka serangga ini ialah haiwan dengan suara terkuat di Bumi. 

Windmill mengatakan, suara kuat itu dipakai untuk menarik betina ketika hendak mengawan. Masing-masing si jantan mesti memproduksi suara sekuat mungkin agar boleh memenangkan pertandingan mendapatkan betina. 

Tentang serangga yang bernyanyi dengan penis, Jerome Sueur dari Museum of National History Paris, mitra Windmill, mengatakan, setidaknya ada 1 spesies serangga lain yang juga bernyanyi dengan alat genitalnya. "Spesies ngengat, Syntonarcha iriasis, menggunakan alat genital yang telah termodifikasi sehingga boleh menghasilkan bunyi ultrasonik," kata Sueur seperti dikutip BBC News, Khamis 30 Jun

Saat ini, ilmuwan mengaku belum tahu faktor yang membuat suara Micronecta scholtzi boleh begitu kuat . Kajian terhadap proses itu boleh bermanfaat untuk mengembangkan sistem ultrasonik di masa depan.
Sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment