Tuesday, February 12, 2013

Pesta Olahraga Paling Ekstrim di India

11 Feb 2013

Olahraga unik di dunia banyak macamnya, namun yang diperlombakan dengan banyak cabang layaknya pesta olimpiade mungkin baru ada di negerinya sungai Gangga ini.

Dikenal dengan nama Kila Raipur Sports Festival, membuka kategori mulai dari remaja hingga pensiunan.


Para penya datang dari seluruh penjuru dunia ke desa pedalaman Kila Raipur. Mereka me berbagai  aksi ekstrim yang ditandingkan setiap Februari dengan diikuti 4 ribu atlit lokal baik lelaki dan wanita.

Kategori yang dilpertandingkan mulai dari membawa basikal atau batu bata dengan gigi, dilindas traktor hingga menarik kenderaan memakai rambut. Pertandingannya juga melibatkan peralatan pertanian, akrobatik, pacuan lembu dan pamer kekuatan aneh lainnya. Bahkan ada lomba lari 100 meter bagi peserta usia 80 tahun.

Tak hanya manusia, hewan seperti unta, lembu jantan, anjing dan lainnya juga punya pertandingannya sendiri. Dari sekian banyak kompetisi, balapan gerobak lembu jantan (semacam Karapan Sapi) yang menjadi daya tarik utama acara ini. Pasalnya pemenang balapan itu dapat membawa pulang hadiah utama berupa wang tunai.


Acara lokal ini berlangsung selama 3 hari untuk merayakan kehidupan petani di pedalaman India. Pertandingan pamer kekuatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya sejak 1933. Festival yang penting bagi budaya Punjab itu kini lebih dikenal sebagai pertandingan olahraga dengan kategori tidak lazi. Vivanews

No comments:

Post a Comment