Sunday, March 3, 2013

Ritual Mandi Tanpa Busana Penghapusan Dosa di India



Ada banyak ritual unik di dunia. Salah satunya Maha Kumbh Mela. Ritual mandi telanjang untuk penghapusan dosa ini diadakan di India dan dilakukan sekali dalam 12 tahun.
Festival unik Maha Kumbh Mela adalah ritual keagamaan yang dipercaya mampu membebaskan seseorang dari dosa. Acara ini berlangsung 55 hari dan dimulai pada Senin lalu.

Diperkirakan Maha Kumbh Mela akan dihadiri oleh 100 juta manusia. Bagi pemeluk agama Hindu di India, mandi di tepi Sungai Gangga – yang dianggap suci – boleh membebaskan mereka dari siklus mati serta reinkarnasi.
“Baik di kehidupan kini maupun sebelumnya, saya dan kami semua mandi untuk menghapus dosa,” ujar Swami Shankaranand Saraswati (77).

Tak ada perasaan segan dan malu bagi mereka yang bermandikan air di tepi Sungai Gangga tanpa busana. Mereka yakin ini kesempatan bagi mereka untuk menyucikan dosa-dosa yang telah diperbuat.

Penganut Agama Hindu India percaya jika Sungai Gangga miliki kemampuan untuk itu. Sungai Gangga juga diyakini membebaskan individu dari moksha (kitaran hidup dan mati) serta membuat mereka lebih dekat dengan Braham (yang maha tinggi).

Festival Maha Kumbh Mela dilakukan di empat kota alternatif di India. Kota-kota tersebut yakni Nasik, Allahabad, Ujjain, dan Haridwar. Tahun ini diperkirakan akan dihadiri sekitar 100 juta orang. 


No comments:

Post a Comment

Post a Comment