Saturday, September 7, 2013

41 Ekor Gajah Mati Diracun di Taman Nasional Zimbabwe

  6 Sep 2013
 
Harare - Mengenaskan! Sebanyak 41 ekor gajah di taman nasional Zimbabwe mati diracun. Pelakunya adalah para pemburu gelap yang mengincar gading hewan raksasa tersebut.

Polis  setempat menemukan dua bangkai gajah yang telah  busuk dan tanpa gading di kawasan Taman Nasional Hwange, Zimbabwe. Setelah melakukan penyiasatan, polis  berhasil menangkap 6 tersangka dan menyita 17 buah gading gajah yang bernilai US$ 120 ribu    .

Seperti dilansir New Straits Times, Jumaat (6/9/2013), para pelaku mencampurkan zat kimia beracun sianida ke kolam yang biasa digunakan oleh gajah-gajah tersebut untuk berendam. Taman Nasional Hwang memiliki luas 14.651 kilometer persegi dan banyak dihuni oleh gajah.

Polis setempat bimbang dengan kaedah yang digunakan oleh para pemburu liar kerana membahayakan nyawa ratusan binatang lainnya. Racun yang digunakan jelas-jelas boleh mencemari ekosistem.

Otoriti setempat masih mencari sejumlah bangkai gajah lainnya. Selain itu juga berusaha mengambil tindakan untuk mencegah tercemarnya lingkungan taman nasional akibat insiden ini.

Zimbabwe menjadi rumah bagi lebih dari 100 ribu ekor gajah dan sekitar 700 badak. Namun sayangnya hewan-hewan ini terancam oleh keberadaan pemburu gelap yang berkeliaran.

Taman Nasional Hwange sendiri terletak   dekat Botswana, Namibia dan Zambia. Taman nasional ini menjadi salah satu pusat konservasi gajah paling utama di dunia. Otoriti setempat memperkirakan, sekitar 69 ekor gajah mati dibunuh pemburu gelap selama bulan Mei hingga Ogos tahun ini.
 Sumber:detikNews

No comments:

Post a Comment