Thursday, January 23, 2014

Kesian !Kanak-kanak ini tak boleh dipeluk ibunya

23 Jan 2014

Punya penyakit kulit aneh, bocah Inggris tak bisa dipeluk ibunya
Rhys Williams kanak-kanak dengan penyakit kulit aneh belum dapat disembuhkan. dailymail.co.uk ©2014 Merdeka.com

 
 
Seorang ibu tidak dapat memeluk anaknya kerana kulit si anak akan melepuh dan jatuh. Dia mengalami penyakit aneh.

The Daily Mail melaporkan, Khamis (23/1), penyakit Rhys Williams memang membuat seluruh kulit dari kepala hingga kaki boleh melepuh dan menyakitkan. Kanak-kanak delapan tahun dari Kota Manchester,   itu menderita penyakit yang biasa disebut epidermolisis bulosa (EB).

EB merupakan penyakit mengerikan yang membuat kulit mudah terkelupas dan jaringan internalnya terasa panas walau hanya tergosok sedikit. Rata-rata penderitanya tidak boleh disembuhkan. Williams bahkan harus meminum ubat penahan rasa sakit dan perlu tiga jam untuk mandi.
Ibu Williams, Tanya Moores mengatakan dia sangat terseksa melihat puteranya menggeliat kesakitan. "Bahkan terkena air mata saja kulitnya akan menjadi buruk. Hati saya remuk," ujarnya.

Meski demikian Moores bangga pada puteranya sebab dapat menahan rasa sakit. Morfin dia gunakan kadang ditahannya dan hanya mengambil ubat ringan biasa seperti parasetamol.
Keadaan William ini sudah terjadi sejak dia lahir. Ketika bayi dulu tubuhnya harus ditutup dengan kain kasa. Kanak-kanak itu pun tidak dapat bermain ke luar dengan teman-temannya dan melakukan kegiatan. Bahkan Williams tidak boleh makan makanan padat atau tenggorokannya juga ikut melepuh. Makan selama ini melalui selang.

Williams pun sering hilang keyakinan diri. Jika terpaksa bepergian dengan orang tuanya, dia meminta ibunya untuk menutupi dirinya.
Mengetahui penderita EB tidak akan sembuh bahkan dua penderita lain di England meninggal membuat Williams menulis surat agar diperbolehkan melihat dunia termasuk jadi ahli bomba dan latihan bola bareng klub Liverpool.
Merdeka.com -

No comments:

Post a Comment