Selasa, 25/03/2014
Reuters
PM Najib Razak sudah memastikan
pesawat Malaysia Airlines MH370 jatuh di Lautan Hindi koridor selatan.
Namun, fakta ini belum menjawab berbagai pertanyaan yang selama ini
jadi misteri. Apa saja?
Sejak hilang pada 8 March lalu, usaha
pencarian MH370 memang menimbulkan banyak misteri. Mulai dari tidak
jelasnya lokasi hilang, hingga data yang seolah-olah ditutupi otoriti
resmi Malaysia.
Apa saja pertanyaan itu? Berikut daftarnya seperti diberitakan Daily Mirror:
Pesawat Jatuh Atau Meledak?
Setelah dipastikan
penerbangan MH370 berakhir di Lautan Hindi , otoriti Malaysia belum
menjelaskan bagaimana peristiwa pesawat itu boleh sampai ke lautan.
Apakah jatuh tenggelam ke lautan atau meledak di udara?
Selain itu,
belum ada serpihan yang disahkan pasti milik MH370 di Lautan
Hindi . Sejumlah penampakan memang sudah terlihat, namun belum ada yang
dipastikan terkait MH370.
Di Mana Black Box?
Kotak hitam MAS MH370 diprediksi akan sukar ditemui. Terutama setelah masa aktifnya berakhir dalam 30 hari setelah hilang perhubungan pada 8 March lalu. Lalu lokasinya yang tersembunyi di tengah lautan luas.
Kotak hitam MAS MH370 diprediksi akan sukar ditemui. Terutama setelah masa aktifnya berakhir dalam 30 hari setelah hilang perhubungan pada 8 March lalu. Lalu lokasinya yang tersembunyi di tengah lautan luas.
Kotak hitam menyimpan rakaman
data penerbangan dan percakapan di kokpit yang boleh merungkai misteri MAS MH370. Terkait pencarian kotak hitam, otoriti
Malaysia sendiri telah melibatkan pasukan khas dari Perancis yang pernah
terlibat dalam penyiasatan insiden Air France pada tahun 2009 lalu.
Ketika insiden itu, perlu 2 tahun untuk menemui kotak berwarna oren
tersebut.
Kenapa Tak ada Emergency Call?
Kalau benar jatuhnya
pesawat Malaysia Airlines di Lautan Hindi kerana ada kerosakan,
kenapa tak ada yang menghubungi menara terdekat untuk memberi maklumat
soal keadaan darurat? Pertanyaan selanjutnya, kenapa juga para penumpang
tak ada yang menghidupkan telepon mereka dan menghubungi orang terdekat?
Padahal mereka ada waktu selama hampir 4 jam, setelah pesawat hilang
untuk memberi khabar berita.
Sebelumnya sudah diberi maklumat, signal telepon memang sukar ditemukan ketika pesawat terbang di ketinggian di atas
10 ribu kaki. Namun versi keluargaoleh dihubungi beberapa lama setelah pesawat
hilang.
Kenapa Tentera Malaysia Diam?
Mark Rosenker, seorang
penganalisis keselamatan penerbangan yang juga pernah jadi penyiasat Federal
Aviation Agency (FAA) AS menyoalkan aksi tentera Malaysia ketika tahu
ada pesawat yang terbang melencong dari rutenya. Dia mengatakan, tentera
biasanya bereaksi ketika melihat ada objek asing yang masuk radar.
"Yang
membuat saya terganggu, ketika transisi ini tak tertangkap oleh pihak
Vietnam, lalu pesawat itu berputar dan terbang keluar jalur di langit
Malaysia selama hampir satu jam. Di mana angkatan tentera udara Malaysia?" tanya
Rosenker.
"Kenapa mereka tidak melakukan intersepsi dan menyiasat apa yang terjadi? Ini sesuatu yang aneh, ada pesawat yang melintas
tapi tidak melakukan apa-apa atau mereka tak berusaha mencari tahu ada
apa?" sambungnya.
Pertanyaan lain yang muncul adalah: bagaimana
pesawat itu boleh terbang tanpa terdeteksi radar negara lain selain
Malaysia, seperti Indonesia dan Australia?
Rampasan: Pilot, Juru Teknik Tentera, atau Al Qaeda?
Muncul
teori pesawat itu dirampas. Terlebih lagi ketika diketahui ada usaha
mematikan dengan sengaja transponder dan alat komunikasi ACARS. Tapi apa
misi si perampas? Lalu kenapa tak meminta tebusan atau pesan apa pun?
Pelakunya
sudah banyak dispekulasikan sebelumnya, mulai dari pilot, kopilot, 20 juruteknik radar tentera yang ada di barisan penumpang, hingga dua
penumpang berpasport curian dan dugaan kumpulan Al Qaeda.
Bunuh Diri, Dekompresi Atau Kebakaran?
Motif bunuh
diri kembali mencuat setelah pesawat MH370 dipastikan jatuh di Lautan
Hindi . Namun sampai sekarang belum jelas apa motifnya. Ini yang kembali
menjadi pertanyaan.
Muncul juga teori dekompresi, yakni penurunan tekanan kabin secara perlahan. Artinya, seluruh penumpang kemungkinan sudah meninggal sebelum jatuh kerana kekurangan oksigen. Teori ini pun ada pertanyaan, kenapa tak ada pemberitahuan darurat sebelumnya? Kenapa ada fakta mematikan transponder dengan sengaja?
Terakhir, teori kebakaran. Ini juga diyakini boleh terjadi, terutama ketika pilot terbang ke arah Lautan Hindi untuk mencari landasan darurat. Namun lagi-lagi pertanyaan muncul, kenapa tak ada pemberitahan emergency?
Muncul juga teori dekompresi, yakni penurunan tekanan kabin secara perlahan. Artinya, seluruh penumpang kemungkinan sudah meninggal sebelum jatuh kerana kekurangan oksigen. Teori ini pun ada pertanyaan, kenapa tak ada pemberitahuan darurat sebelumnya? Kenapa ada fakta mematikan transponder dengan sengaja?
Terakhir, teori kebakaran. Ini juga diyakini boleh terjadi, terutama ketika pilot terbang ke arah Lautan Hindi untuk mencari landasan darurat. Namun lagi-lagi pertanyaan muncul, kenapa tak ada pemberitahan emergency?
No comments:
Post a Comment