Friday, March 21, 2014

Gunakan Petunjuk Australia, Wanita Ini Ambil Foto Serpihan Dipercayai MH370?

 20/03/2014
 
 Twitter: @lorenridinger
 
Miami - Seorang sosialita dari Amerika Syarikat mengaku sudah menemui  'serpihan' di Lautan Hindi . Dia menyusuri kawasan itu setelah mengikuti koordinat yang disampaikan pihak berkuasa Australia soal dugaan serpihan  Malaysia Airlines MH370.

Wanita itu, Loren Ridingir. Dalam biodata akaun twitternya, dia adalah seorang pengasas marketamerica.com dan pengusaha kosmetik dan fashion. Dia tinggal di kawasan Miami atau New York, AS. Kalangan selebritis banyak yang mengenalnya, termasuk penyanyi Alicia Keys.

Sekitar satu jam lalu, dia memposting sebuah foto dari web crowdsourcing satelit, Tomnod. Dalam keterangannya, Ridingir percaya itu adalah serpihan yang sama atau bahagian dari penemuan pihak Australia.

"Mencari di @tomnod di area yang disebut oleh PM Australia diduga ada serpihan MH370, bagaimana pendapatmu?" tulisnya di twitter, Khamis (20/3/2014).

Postingan Ridingir menjadi pembicaraan ramai di laman jejaring media sosial lainnya, seperti Reddit dan Path. Namun sejauh ini, belum ada respons yang disampaikan pihak Tomnod atau otoriti resmi soal gambar tersebut.

Tomnod merupakan produk dari perusahaan satelit DigitalGlobe yang memperbolehkan penggunanya untuk membantu misi pencarian via satelit bagi setiap insiden dunia. Cara kerja web ini disebut juga online crowdsourcing, yakni dengan mengalokasikan setiap penggunanya dengan gambar citra satelit suatu wilayah yang masuk dalam misi pencarian.

Pengguna boleh memperbesar gambar citra satelit tersebut dan menelusurinya sedikit demi sedikit. Jika pengguna berhasil menemukan suatu hal atau benda mencurigakan, maka mereka boleh menandai lokasi tersebut dan kemudian melaporkannya ke pengelola Tomnod. Foto citra satelit dari Tomnod diambil dari ketinggian 400 mil (643 km) dari permukaan bumi dan boleh menangkap detail hingga ukuran sekecil titik penalti pada sebuah padang bola sepak.detikNews

No comments:

Post a Comment