Friday, March 21, 2014

Penampakan kawasan pencarian MH370 di Lautan Hindi

21/03/2014  
Perth - Australian Maritime Safety Authority (AMSA) kembali merilis wilayah yang bakal disisir hari ini terkait pencarian objek yang dipercayai pesawat MH370 di Lautan Hindi . Bagaimana penampakannya?

Dari web resmi AMSA, Jumaat (21/3/2014), tampak kewasan yang dicari berjarak 2,340 kilometer sebelah barat daya Perth. Jaraknya juga agak melencong dari garis kemungkinan rute dilewati MH370 sesuai data radar satelit Malaysia.

Ketika  ini, usaha pencarian dilakukan secara massif oleh beberapa pesawat dan kapal tentera. Sedikitnya ada lima pesawat yang dikerahkan dalam pencarian hari ini. Pesawat-pesawat ini berasal dari Australia, Amerika Syarikat dan juga New Zealand   .

"Sebuah pesawat Royal Australian Air Force (RAAF) P3 Orion dihantar ke kawasan pencarian pada sekitar pukul 09.15 waktu Australia (AEDT)   demikian bunyi pernyataan AMSA.

Kemudian sebuah pesawat jet awam Gulfstream dan pesawat RAAF P3 Orion kedua akan dihantar sekitar pukul 11.00 waktu Australia  . Tahap selanjutnya, pesawat RAAF P3 Orion ketiga akan berangkat ke lokasi pencarian sekitar pukul 13.00 waktu Australia .

Lalu sebuah pesawat US Navy P8 Poseidon yang memiliki kemampuan mengintai kapal selam, akan berangkat ke lokasi pencarian sekitar pukul 16.00 waktu Australia .

Selain pesawat, sejumlah kapal juga dikerahkan membantu pencarian via laut. Sebuah kapal niaga, milik Norway sudah berada di sekitar kawasan pencarian sejak Khamis (20/3) malam. Sedangkan satu kapal niaga lainnya masih dalam perjalanan dan diperkirakan akan tiba di lokasi pencarian pada Jumaat (21/3) malam nanti.

Total ada enam kapal niaga yang membantu pencarian ini. Ditambah juga kapal militer milik Angkatan Laut Australia, HMAS Success yang masih dalam perjalanan ke lokasi pencarian. Diperkirakan kapal yang memiliki kemampuan untuk menemukan serpihan di laut ini akan tiba pada 22 Mar .

No comments:

Post a Comment