Tuesday, April 15, 2014

Bluefin-21 Batalkan Misi Selepas 6 Jam Menyelam Cari MH370 Kerana Laut Terlalu Dalam

15/04/2014  
 
 Bluefin-21 yang dikerahkan dalam pencarian MH370 (Reuters)
Perth - Kapal selam mini, Bluefin-21 yang ditugaskan dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 menghentikan misinya setelah menyelam selama 6 jam. Penyebabnya, kedalaman laut yang menjadi sasaran pencarian ternyata lebih dalam dari batas penyelaman kapal selam mini ini.
AFP melaporkan, pada Selasa  15/4/2014 , kapal selam mini tak berawak ini dilengkapi dengan sonar untuk memetakan dasar lautan di Samudera Hindi  yang menjadi lokasi pencarian kotak hitam MH370. Bluefin-21 mulai diterjunkan ke dalam laut pada Isnin  14/4  malam dari kapal tentera Australia, Ocean Shield yang telah membantu pencarian selama beberapa minggu terakhir.

"Setelah menyelesaikan misi penyelaman selama 6 jam, Bluefin-21 melebihi batas kedalaman operasional 4,500 meter dan dirancang secara selamat untuk kembali ke permukaan," demikian penjelasan pusat koordinasi pencarian MH370, Joint Agency Coordination Centre (JACC) dalam pernyataannya.

Namun sayangnya JACC tidak menyebutkan lebih lanjut kedalaman pasti lautan yang menjadi kawasan pencarian MH370 tersebut. "Data selama 6 jam yang dikumpulkan oleh Autonomous Underwater Vehicle (AUV) ketika ini sedang diekstrak dan dianalisa," terang JACC.

AUV memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data di bawah laut hingga 16 jam nonstop.

Secara terpisah, US Navy Captain Mark Matthews mencuba memberi penjelasan mengenai Bluefin-21. Menurutnya, kenderaan bawah laut tersebut telah melewati batas operasional yang diprogramkan dan secara otomatik akan kembali ke permukaan laut.

"Ada kriteria pembatalan tertentu jika kenderaan tersebut telah menjalankan misinya. Jika kondisi tertentu tersebut muncul, maka kenderaan akan berhenti dan kembali ke permukaan," ucapnya

  sumber:detikNews

No comments:

Post a Comment