Friday, April 18, 2014

Kapten Kapal Korea Selatan Menyelamatkan Diri dan Tinggalkan Penumpang

17/04/2014  

  detikNews
 
 Kapten kapal feri Korsel berhasil selamat (Reuters)
Seoul - Dalam insiden tenggelamnya kapal feri Korea Selatan, kapten kapal dianggap sebagai sosok yang paling bertanggung jawab. Namun, rupanya kapten kapal Sewol, Lee Joon-Seok malah menyelamatkan diri terlebih dulu dan meninggalkan penumpangnya.

Sejumlah saksi mata menuturkan, kapten kapal masuk dalam rombongan pertama yang dievakuasi dari kapal yang membawa total 447 orang tersebut. Saat itu, kondisi kapal sudah mulai miring ke samping. Beberapa awak kapal dilaporkan ikut mengungsi bersama kapten kapal.

Ini sungguh miris karena Lee Joon-Seok meninggalkan ratusan penumpang, yang sebagian besar pelajar sekolah yang jelas-jelas masih ada di dalam kapal. Demikian seperti dilansir AFP dan Reuters, Kamis (17/4/2014).

Kini, Joon-Seok berada dalam penahanan kepolisian setempat. Bahkan dilaporkan dia telah diinterogasi secara intensif oleh pihak berwenang di Korsel. Saat ditemui oleh wartawan setempat di kantor patroli pantai Korsel, kapten kapal ini menutup wajahnya dengan jaket abu-abu yang dikenakannya.

Tidak banyak hal yang disampaikannya. Di tengah kepungan kamera wartawan, Joon-Seok menyampaikan permohonan maaf. "Saya benar-benar minta maaf kepada para penumpang, korban dan keluarganya," ucapnya singkat.

Penyebab tenggelamnya kapal feri yang tengah menuju Pulau Jeju tersebut masih belum diketahui. Beberapa penumpang selamat mengaku mendengar suara benturan keras dan kemudian gerakan kapal terhenti tiba-tiba. Informasi ini mengindikasikan bahwa kapal menabrak suatu obyek yang ada di dalam laut.

Menanggapi hal ini, Joon-Seok bersikeras bahwa kapal tersebut tidak menabrak batu di bawah laut. Namun dia tidak bisa memberikan penjelasan lebih lanjut

No comments:

Post a Comment