Tuesday, April 8, 2014

Ocean Shield, HMS Echo dan Haixun 01 'Kepung' Isyarat Ping Kotak hitam MH370

 08/04/2014  

 
Navy.gov.au
 
Perth - Pencarian kotak hitam pesawat Malaysia Airlines MH370 kembali dilanjutkan. Ada tiga kapal yang bergerak dari berbagai penjuru untuk menyisir kawasan yang dipercayai tempat jatuhnya pesawat.

Dalam rilis media yang disampaikan pasukan  gabungan pencari MH370 dari Australia (JACC), Selasa (8/4/2014), kapal yang menyisir adalah si gemuk Ocean Shield, kapal perang HMS Echo dan kapal China Haixun 01. Masing-masing mencari isyarat signal dari utara dan wilayah selatan.

Tiga kapal canggih di atas akan kembali melacak isyarat yang dipercayai berasal dari kotak hitam MH370. Bila sudah disahkan, alat selam 'Bluefin 21' sudah siap untuk diterjunkan.

Rencananya, kawasan yang akan ditelusuri hari ini seluas 77,580 kilometer persegi. Titiknya berada 2,268 kilometer dari timur laut Perth, Australia.

Selain tiga kapal di atas, ada lagi 11 pesawat tentera, tiga pesawat awam dan 14 kapal laut yang membantu proses pencarian MH370. Pesawat pertama tiba di lokasi sekitar pukul 06.00 pagi waktu setempat. Cuaca di lokasi diperkirakan cukup cerah.

Alat pelacak kotak hitam milik US Navy, TPL, yang dipasang pada kapal tentera Australia Ocean Shield sebelumnya telah menyusuri area yang berjarak 1,680 kilometer barat daya Perth. Alat ini berhasil mendeteks dua isyarat 'ping' yang dipercayai berasal dari kotak hitam di bawah laut. Isyarat pertama terdengar selama lebih dari 2 jam sedangkan isyarat kedua terdengar selama 13 minit.

Kapal China Haixun 01 juga sudah menemukan isyarat yang sama sebelumnya di lokasi yang tak berjauhan.  detikNews

No comments:

Post a Comment