Monday, April 21, 2014

Pencarian MH370 di Samudera Hindi Terancam Taufan Jack

  21/04/2014  

 
Kawasan pencarian MH370 (JACC)
Perth - Operasi pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 di Samudera Hindi  terancam terganggu oleh keberadaan taufan tropis. Taufan tropis Jack semakin mendekati kawasan pencarian MH370 di kawasan terpencil Samudera Hindi bahagian selatan.

"Perkiraan cuaca hari ini cukup buruk, khususnya di bahagian utara kawasan pencarian, kerana Taufan Tropis Jack terus bergerak ke arah selatan," terang pusat koordinasi pasukan pencari MH370, Joint Agency Coordination Centre (JACC) seperti dilansir Reuters, Isnin (21/4/2014).

Pencarian MH370 dilakukan dalam dua cara berbeda, via udara atau juga disebut pencarian visual dan via bawah laut dengan menggunakan kapal selam mini milik AS bernama Bluefin-21. Kawasan pencarian visual berada di perairan terpencil Samudera Hindi  yang memiliki luas 49,491 kilometer persegi. Lokasi tersebut berjarak 1,741 kilometer barat daya Perth, Australia.

Sedangkan kawasan pencarian bawah laut berada dikawasan lebih kecil yang terletak di utara kawasan pencarian visual. Lokasi pencarian bawah laut ditetapkan berdasarkan terdeteksinya signal-signal misteri di bawah laut oleh Towed Pinger Locator (TPL) milik US Navy.

Jika taufan Jack terus bergerak ke arah selatan Samudera Hindi , maka kemungkinan taufan tersebut akan menghampiri kawasan pencarian MH370.

"Hujan yang luas akan terjadi disertai dengan ribut yang terisolasi dan angin kencang melanda kawasan utara bergerak ke timur hingga tenggara," terang JACC.

Rancangannya, Bluefin-21 akan kembali diterjunkan ke lautan hari ini untuk menjalankan misi kesembilannya. Sedangkan pencarian visual telah dilakukan sejak pagi dengan melibatkan 10 pesawat tentera dan 11 kapal.  detikNews

No comments:

Post a Comment