Friday, August 29, 2014

800 ekor babi hutan ditembak dari udara

29/08/2014  

Jakarta - Satu program pemusnahan babi hutan dengan cara menembak  dari udara menggunakan helikopter, sedang berlangsung di daerah aliran sungai Finniss-Reynolds di Wilayah Utara Australia.

Sejauh ini sudah 800 ekor hewan liar tersebut yang dimusnahkan, dan sebuah operasi pemusnahan lainnya dirancangkan akhir minggu ini.

Survei udara bulan lalu menunjukkan terdapat sedikitnya 15 ribu ekor babi hutan yang hidup di wilayah yang begitu luas.

Menurut Susanne Casanova dari Badan Pengelola Sumberdaya Alam Wilayah Utara, program pemusnahan baru boleh dikatakan berhasil jika mampu mengurangi populasi babi hutan sebesar 70 peratus.

Namun ia menyatakan, kemungkinan sasaran tersebut sukar untuk dicapai.

"Babi-babi itu beranak-pinak secara cepat. Jika kita memusnahkan yang dewasa, anak-anak mereka segera mengambil-alih peranan dalam proses reproduksi mereka," jelasnya.

"Dengan sasaran 70 peratus atau sekitar 11 ribu ekor babi hutan, kami kesukaran untuk mencapainya. Alasannya, kami harus menerbangkan helikopter selama 220 jam di lima kawasan. Kami tidak memiliki dana untuk itu," kata Casanova.

Babi hutan dikenal sebagai hama yang merosak habitat rawa-rawa dan juga turut menyebarkan berbagai benih yang akan merosak kondisi lingkungan.
ABC Australia - detikNews

No comments:

Post a Comment