Tuesday, August 19, 2014

Israel & AS Sepakat Bersetuju Menghentikan Blokade di Gaza demi Gencatan Senjata. Satu kejayaan HAMAS

19/9/14

Israel & AS sepakat pencabutan blokade di Gaza (Foto: Reuters) 
  Israel & AS sepakat pencabutan blokade di Gaza (Foto: Reuters)  
YERUSALEM - Pemerintah Israel dan Amerika Syarikat (AS) telah sepakat menghentikan blokade di Jalur Gaza secara bertahap. Usaha ini dilakukan untuk mencapai gencatan senjata secara kekal antara Israel dan Hamas.

Dilansir dari Anadolu, Selasa (19/8/2014), sejumlah sumber Pemerintah Israel mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan AS untuk mengeluarkan perincian gencatan senjata kekal dengan Hamas.

   Menteri Luar Negeri AS John Kerry merancang akan melakukan kunjungan ke Israel pada  minggu agi Israel dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bahawa pihaknya tidak bertentangan.

Menurut laporan media setempat, pencabutan blokade Gaza secara bertahap akan dimulai dengan memungkinkan lalu lintas laut kembali normal.

Seperti diketahui, pencabutan blokade Gaza merupakan salah satu tuntutan Hamas kepada Israel apabila menginginkan adanya gencatan senjata secara kekal. Selain itu, Hamas juga meminta agar Israel bersedia melakukan pembangunan terhadap Kota Gaza. Namun, bantuan tersebut akan didorong dengan bantuan antarabangsa.

Sementara Israel hanya meminta agar senjata Hamas segera dilucuti dan tidak ada aktiviti tentera di Jalur Gaza. Namun, diprediksi hal itu tidak akan dimasukkan ke perjanjian gencatan senjata, tetapi AS akan berusaha mencegah Hamas mendapatkan senjata. 
sumber:Okezone

No comments:

Post a Comment