Tuesday, September 23, 2014

Berat seluruh semut sama dengan berat semua manusia sejagat

22/9/14

 Berat seluruh semut sebanding dengan bobot manusia sejagat
gambar hiasan
Jika digabungkan, berat seluruh semut hidup di bumi ini sebanding dengan berat manusia sejagat. Ini kenyataan pertama kali dilontarkan oleh profesor Edward O Wilson dari Universiti Harvard, Amerika Syarikat, dan hali biologi asal Jerman Bert Hoelldobler dalam buku mereka Journey to the Ants terbit satu dasawarsa lalu.

BBC melaporkan, Isnin (22/9), perkiraan kedua hali itu didasarkan pada pendapat C.B. Willimas, pakar entomologi British. Dia pernah menghitung semut hidup di planet ini berjumlah satu juta triliun.

Menurut Wilson dan Hoelldobler, berat rata-rata semut pekerja 1-5 miligram. "Ketika semua semut ditimbang, berat mereka sama dengan berat seluruh manusia."

Namun Francis Ratnieks, profesor lebah di Universiti Sussex, Britain, meragukan kenyataan dua ilmuwan itu. Alasannya, jika berat rata-rata manusia 62 kilogram. Artinya berat rata-rata semut 60 miligram dengan asumsi berat satu semut sepersejuta dari berat seorang manusia.

"Ada semut seberat 60 miligram, tapi itu semut benar-benar besar," ujarnya. Dia menambahkan berat rata-rata semut hidup di Britain 1-2 miligram.
sumber:merdeka.com

No comments:

Post a Comment