Tuesday, April 21, 2015

Korupsi gila. Jenderal terima wang rasuah 1 ton

21/4/15

Korupsi gila jenderal China, uang haram butuh seminggu dihitung
Barang bukti wang suapan tunai hingga 1 ton di rumah Jenderal Xu Caihou. ©2015 Merdeka.com/South China Morning Post

  Presiden China Xi Jinping sejak tahun lalu menjalankan operasi banteras korupsi besar-besaran. Selain penjawat awam ,  pegawai tinggi tentera ikut disikat. Hasilnya, korupsi di tubuh birokrasi Tentera Pembebasan Rakyat (PLA) rupanya sangat mengerikan.

CNN Money, Selasa (21/4), mencatat beberapa koruptor kakap di tubuh tentera yang sudah ditahan pasukan pemerentah . Salah seorang  adalah Jenderal Xu Caihou.

Harta haram sang jenderal yang disita meliputi segepok wang tunai, tumpukan kotak perhiasan, patung emas 24 karat. Itu baru beberapa harta korupsinya yang disita oleh penyiasat korupsi China. Dia terbukti menerima sogokan supaya anggota tentera cepat naik pangkat. 

"Jumlahnya sangat masif, tak pernah terjadi sebelumnya sepanjang sejarah China," kata salah satu sumber di pemerintahan.
Xu tertangkap dengan barang bukti lebih dari satu ton wang tunai di rumahnya. Jenderal angkatan darat ini juga memiliki simpanan tersembunyi seperti permata.

Saking banyaknya harta yang ditimbun oleh Xu, perlu seminggu untuk menghitung jumlah korupsi yang dia lakukan. Pemerintah China mengerahkan 12 truk guna menyita wang sogokan Xu.

Sayang, belum sempat diadili, sang jenderal korup itu meninggal akibat penyakit kanser pundi kencing pada 15 Mac 2015.

Selain Xu, Leftenan Jenderal Gu Junshan juga buat geger kerana menilap wang negara dari projek pengadaan alutsista. Gu ditahan pihak keselamatan dan menyita 20 peti minuman keras berharga mahal, juga sejumlah barang berlapis emas, serta dokumen penggelapan perdagangan kapal perang.

Gu didakwa   pada 2014 atas dugaan penggelapan, penyuapan, penyalahgunaan dana negara dan penyalahgunaan kekuasaan. Sang jenderal terancam hukuman mati.
Sumber: Merdeka.com

No comments:

Post a Comment