Saturday, May 23, 2015

Jenderal Myanmar: Pengungsi di Indonesia dan Malaysia Bukan Rohingya

22/5/15
Para pengungsi Rohingya yang ditampung di Kuala Langsa, Aceh. (Foto : Reuters)
Para pengungsi Rohingya yang ditampung di Kuala Langsa, Aceh. (Foto : Reuters)
NAPYIDAW – Komandan tentera  Myanmar menyebut manusia-manusia perahu yang mendarat di Malaysia dan Indonesia bukanlah etnik Rohingya. Media Myanmar melaporkan, pegawai tentera senior itu menuduh para imigran di Indonesia hanyalah pengungsi Bangladesh yang menyamar menjadi etnik Rohingya untuk mendapatkan bantuan dari PBB.

Jenderal Min Aung Hlaing mengatakan bahawa sebahagian besar pengungsi dipercayai menyebut diri mereka sebagai Rohingya dari Myanmar dengan harapan mendapatkan bantuan dari UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees/Komisi Tinggi PBB untuk Masalah Pengungsi). Demikian sebagaimana dilaporkan media tempatan Myanmar, seperti dikutip dari Reuters, Jumaat (22/5/2015).

Hal itu dilontarkan Jenderal Min Aung Hlaing, ketika bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Syarikat  Antony J Blinken, Khamis, 21 Mei 2015. Wakil Menlu AS itu berkunjung ke Myanmar untuk menawarkan bantuan sekaligus mendesak Myanmar mengatasi masalah imigran Rohingya.

“Dia (Jenderal Min Aung Hlaing) menyatakan pentingnya menyelidiki negara asal para pengungsi tersebut sebelum menuduh negaranya,” tambah surat kabar itu. Sang Jenderal berkeras bahwa para pengungsi berasal dari Bangladesh.

Ribuan pengungsi dari etnis Rohingya dan Bangladesh telah ditampung oleh Malaysia dan Indonesia. Kedua negara menyatakan kesediaan mereka untuk menampung sebanyak 7,000 orang pengungsi, namun menolak mengizinkan lebih banyak lagi pencari suaka yang datang.

Baik Indonesia dan Malaysia juga setuju untuk membangun tempat tinggal sementara bagi para imigran. Tapi, Thailand yang merupakan tempat singgah bagi para pengungsi tersebut menyatakan tidak akan mengikuti kebijakan tersebut.
Okezone.com

No comments:

Post a Comment