Sunday, June 26, 2016

Beijing tenggelam sedalam 11 sentimeter setahun

Ilustrasi. Ibu Kota Beijing. (Foto: Madinahiman.co.id)
Ilustrasi. Ibu Kota Beijing. (Foto: Madinahiman.co.id)

BEIJING – Potret dari satelit luar angkasa China menunjukkan ibu kota negara tersebut, Beijing mengalami penurunan ketinggian tanah sebanyak 11 sentimeter per tahunnya. Sementara kota besar lainnya, Shanghai tenggelam sedalam tujuh sentimeter per tahun.

Penemuan tersebut didasarkan pada penelitian yang dirilis dalam jurnal Remote Sensing, yang memaparkan penyebab penurunan ketinggian tanah tersebut, antara lain penggunaan air secara berlebihan dan peningkatan jumlah populasi penduduk.

Beijing bahkan menjadi kota kelima di dunia yang paling dipusingkan soal keperluan air. Pada dasarnya daratan Negera China mengalami penurunan ini secara menyeluruh, tetapi yang paling menonjol penurunannya adalah tanah di Ibu Kota, terutama di kawasan Chaoyang.

Terkait masalah kependudukan, pada 2013 kota tersebut diukur hanya mampu menampung sekira 12 juta orang. Akan tetapi pada tahun tersebut, populasi penduduknya mencapai 20 juta orang.
“Kami ketika ini sedang menganalisis secara lebih terperinci mengenai dampak yang akan dihasilkan dari penurunan muka tanah pada beberapa infrastruktur ibu kota. Misalnya, pada fasiliti kereta api kecepatan tinggi. 

Makalah tersebut diharapkan rampung pada akhir tahun ini,” kata para penulis kepada Guardian, sebagaimana disadur Shanghaiist, Sabtu (25/6/2016).
Sumber: Okezone.com

No comments:

Post a Comment