Monday, June 20, 2016

Ilmuwan China temui kaedah cara ubah bahan terbuang plastik jadi bahan bakar

20/6/16

Ilmuwan China temukan cara ubah limbah plastik jadi bahan bakar
Tumpukan botol plastik. © Plasticbottlevillage.com
Pasukan ahli kimia China sedang mengembangkan kaedah super efisien mengubah plastik menjadi bahan bakar cair. Polyethylene, bahan dari beg dan botol plastik yang biasa dibuang, akan diubah menjadi bahan bakar cair oleh para ilmuwan ini.

Polyethylene diketahui sangat lambat diurai oleh tanah. Bahan kimia ini boleh menjadi sangat berbahaya bagi alam. Hal inilah yang menjadi langkah awal kajian tersebut dimulai.

Dipetik dari Shanghaiist,   20/6)/16, menurut kajian para ahli kimia, hingga 2050, sampah plastik akan sangat banyak, dan jauh lebih banyak daripada ikan di lautan.

Secara tradisional, plastik dibuang, dibakar dan diubah menjadi zat lain menggunakan kaedah yang disebut sebagai Pirolisis. Untuk mengubahnya diperlukan pemanasan terus-menerus.

Zheng Huang, ahli kimia organik di Chinese Academy of Sciences, bersama pasukannya baru-baru ini menerbitkan penemuan terbaru mereka dalam jurnal Scientific Advances. Metode yang digunakan memungkinkan proses degradasi yang lebih cepat dengan menggunakan suhu jauh lebih rendah daripada dibakar.

"Sistem katalis yang kuat memungkinkan degradasi penuh botol limbah PE, film dan kantong menjadi bahan bakar cair (solar) dan lilin. Hal ini akan memperlihatkan efisiensi yang tinggi, dengan kondisi reaksi ringan, serta kawalam yang baik. Metode ini menunjukkan keunggulan yang berbeda dari proses tradisional." tulis Huang dan pasukannya dalam jurnal tersebut.
"Produk kami jauh lebih bersih dari yang diperoleh berdasarkan pembakaran metode konvensional," kata Huang dalam wawancaranya.

Dia berharap metode ini dapat diterima dan segera disetujui pemerintah China
Sumber:Merdeka.com 

No comments:

Post a Comment