Saturday, July 16, 2016

Berikut kronologi lengkap peristiwa kudeta tentera Turki

16/7/16

Berikut kronologi lengkap peristiwa kudeta militer Turki
Kudeta Turki. ©2016 Merdeka.com/twitter
 Kudeta militer terjadi di Turki. Tentera sempat mengerahkan pasukan dan senjata berat, termasuk tank, helikopter, dan jet tempur, merebut bangunan-bangunan pemerintahan di Ibu Kota Ankara. Kudeta gagal setelah beberapa jam saja, kerana rakyat di pelbagai kota tetap setia pada Presiden Reccep Tayyip Erdogan.
Laman The Guardian, Aljazeera, dan Haaretz melansir kronologi lengkap peristiwa kudeta tersebut. Berikut rangkumannya:
- Pergerakan tentera keluar dari barak terjadi Jumaat (15/7) pukul 22.00 waktu setempat di Ibu Kota Ankara dan Istambul.

- Pukul 22.30, militer sudah memblokir jambatan Fatih Sultan Mehmet di atas selat Boshphurus yang menghubungkan Istambul dengan daratan Turki sisi Asia. Bas dan kereta peribadi diarah berpatah balik.

- Pukul 22.55 terdengar tembakan di beberapa lokasi Ankara. Jet tempur terbang rendah. Helikopter bersliweran di atas udara ibu kota Turki.

- Pukul 23.00, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengesahkan adanya kudeta. Dia memperoleh maklumat intelijen yang aksi penggulingan pemerintah ini didalangi oleh segelintir pegawai tentera.
"Pemerintah yang sah masih berdiri, kami akan melakukan segala cara untuk mempertahankan diri," ujarnya.

- Pukul 23.33, tentera memasuki bangunan stesyen televisyen TRT yang dimiliki pemerintah. Mereka meminta sebahagian staf pergi, mencabut sambungan telepon, lalu memaksa penyiar membacakan maklumat kudeta.

- pukul 24.00, Presiden Reccep Tayyip Erdogan dilaporkan dalam kondisi selamat. Kudeta ini terjadi ketika Erdogan sedang berada di Kota Marmaris untuk bercuti.
Erdogan bicara soal kudeta (c) 2016 Merdeka.com/Aljazeera

- Pukul 01.00, Presiden Reccep Tayyip Erdogan berhasil dihubungi oleh CNN Turki melalui sambungan aplikasi FaceTime. "Saya mengimbau rakyat Turki untuk berkumpul di alun-alun dan lapangan terbang melawan kudeta. Saya selalu percaya, kekuatan rakyat lebih besar dari apapun," ujarnya. Erdogan dilaporkan akan menuju ke Ankara sesegera mungkin.

- Pukul 01.30, helikopter menembak  bangunan Badan intelijen Turki. Muncul laporan Panglima tentera Turki ditahan di Ankara.

- Pukul 02.00, ribuan rakyat Turki turun ke jalan, memprotes penggulingan Erdogan. Beberapa polis  yang loyal pada Erdogan berusaha menangkap tentera.
Warga melawan usaha kudeta Turki (c) 2016 Merdeka.com/twitter
- Pukul 02.30, penyiar TRT membacakan maklumat 'Angkatan Bersenjata Turki'. Tentera mengumumkan adanya perentah darurat di Ankara maupun Istambul. Tentera mendakwa terpaksa melakukan kudeta, kerana Presiden Erdogan sudah menyalahi perlembagaan yang demokratis dan sekular.

Isi maklumat itu di antaranya memastikan seluruh bangunan pemerintahan di Ibu Kota Ankara telah mereka kuasai. "Militer merebut semua lembaga administratif di negara ini untuk mengembalikan tatanan perlembagaan, hak asasi manusia, serta kebebasan rakyat Turki."
Pendukung Erdogan turun ke jalan melawan kudeta (c) 2016 Merdeka.com
 
- Pukul 03.15 tank terlihat menembak   dekat Bangunan Parlimen Turki. Ada ledakan di parlimen, belum jelas apakah dari tank atau ada bom. Beberapa orang, anggota maupun anggota keselamatan, tertembak.

- Pukul 03.45, PM Yildirim menuding gerakan tentera ini adalah aksi teroris. Dia mendesak rakyat melawan. Yildirim mendakwa pemerintah Turki belum terguling.
- Pukul 04.12, dilaporkan 17 polis  maut ditembak di dekat Bangunan Pasukan Khas Turki di Ibu Kota Ankara. Dalam waktu bersamaan, pegawai tinggi pasukan khas menyatakan tentera yang melakukan kudeta hanyalah minoriti, tidak akan berhasil menggulingkan pemerintah.

- Pukul 04.40 waktu setempat. Situasi terkini dilaporkan sudah kondusif. Bahkan, para militer yang melakukan aksi kudeta telah ditangkap. Rakyat loyalis Presiden Raccep Tayyip Erdogan ikut menangkap para militer yang hendak mengkudeta itu.
rakyat Turki tangkap militer pro kudeta (c) 2016 Merdeka.com/twitter

Rakyat Turki yang menolak kudeta pun ikut turun ke jalan sesuai pernyataan Presiden Erdogan untuk berkumpul di alun-alun kota. "Orang-orang yang mencuba melakukan kudeta tidak akan berhasil," kata Komandan pasukan khas militer Turki, Zekai Aksakalli mengatakan kepada televisyen NTV.
"Orang-orang kami harus tahu bahawa kami akan mengatasi hal ini. Kami berada dalam mengawal situasi," kata dia.

Dalam perkembangan terakhir, pendukung Erdogan sedang menanti iring-iringan presiden yang mendarat di Istambul. Erdogan dilaporkan akan segera menuju ke Istana Negara untuk mengumumkan situasi terakhir.
- Pukul 05.10, Erdogan telah tiba di Istambul dengan selamat. Dia disambut ribuan pendukungnya.

Dia menuding usaha kudeta militer yang sempat menguasai Ibu Kota Ankara dan Istambul didalangi oleh pendukung ulama Fethullah Gulen. Sosok itu adalah rival politik Erdogan yang kini mengasingkan diri di Amerika Syarikat.

"Kudeta ini adalah usaha Gerakan Gulen yang sudah dirancang beberapa bulan terakhir. Para pelakunya adalah tentera yang melabrak hirarki komando," kata Erdogan.

Saat dikonfirmasi terpisah, jurucakap Gulen membantah tudingan pemerintah Turki. Mereka justru mendakwa tidak mendukung adanya kekerasan serta usaha penggulingan pemerintah.

"Komentar dari orang-orang di sekitar Erdogan mengenai pelaku kudeta ini sangat tidak bertanggung jawab," kata jurucakap Aliansi Nilai Bersama, ormas yang dekat dengan Gulen.
Berdasarkan laporan terakhir 120 tentera yang terlibat kudeta telah ditangkap. Erdogan berjanji memberi hukuman berat pada aktor intelektual serta seluruh pengkhianat negara.

*Perkembangan situasi akan terus dimutakhirkan oleh redaksi merdeka.com. Pemutakhiran terakhir terjadi pukul 09.35 WIB.
 Sumber:Merdeka.com 

No comments:

Post a Comment