Friday, July 29, 2016

Pasport Pelancung Ditulis 'Keparat Kau' oleh Pegawai Imigresen

28/7/16

Foto tulisan 'keparat kau' yang tertera di paspor turis asal China (Foto: Shanghaiist)
Foto tulisan 'keparat kau' yang tertera di pasport pelancung China (Foto: Shanghaiist)

HO CHI MINH – Seorang pelancung dari China yang berkunjung ke Vietnam melaporkan pasportnya ditulis kata ‘keparat kau’ oleh pegawai imigresen. Insiden ini menyebabkan Konsulat Jendral (Konjen) China di Kota Ho Chi Minh mengajukan protes.

Sebagaimana dikutip dari Shanghaiist, Khamis (28/7/2016) insiden itu terjadi ketika Zhong menyerahkan pasportnya kepada pegawai imigresen di Lapangan Terbang Internasional Tan Son Nhat di Kota Ho Chi Minh.
Namun, ia terkejut ketika menerima kembali pasport tersebut, terdapat coretan kata-kata tidak senonoh.

Tulisan kata ‘keparat kau’ (fu*k you) muncul di dalam dua halaman pasport Zhang. Dilaporkan, kata cemuhan tersebut ditulis di atas halaman yang terdapat gambar peta China lengkap dengan gambar sembilan garis putus-putus.

Sembilan garis putus-putus atau nine dash line dijadikan justifikasi China terhadap wilayah di Laut China Selatan (LCS). Penggunaan klaim sembilan garis putus-putus ini ditentang oleh banyak pihak yang bersengketa di LCS, termasuk Vietnam.

Dilaporkan, Konjen China di Ho Chi Minh pada Rabu 27 Julai 2016 sudah mengajukan protes kepada Pemerintah Vietnam dan menuntut dijatuhkannya hukuman kepada pegawai imigresen yang bertanggung jawab atas insiden itu. Konjen China mengatakan, tindakan yang bersifat mencemuh tersebut telah merosak kehormatan warga China.

NHK mewartakan ketika ini pegawai di pemerintahan China sedang menyiasat kes ini.
sumber: Okezone.com

No comments:

Post a Comment