Wednesday, July 13, 2016

Seorang Pegawai Dipecat kerana sebut rakyat seperti Anjing dan Babi

12/7/16
Foto wakil Menteri Pendidikan Korea Selatan, Lee Young (Foto: Korea Times/Korea Herald)
Foto wakil Menteri Pendidikan Korea Selatan, Lee Young (Foto: Korea Times/Korea Herald)

SEOUL – Seorang pegawai senior di Korea Selatan  dipecat usai memicu kemarahan awam dengan menyebut warga negera itu   seperti anjing dan babi serta ia menuturkan Korea Selatan perlu mengadopsi sistem kasta.

Pada hari ini, Selasa 12 Julai 2016, wakil Menteri Pendidikan Korsel Lee Young mengumumkan pemecatan Na Hyang-wook yang menjawat sebagai direktur jenderal biro perencanaan kebijakan di Kementerian Pendidikan.
Dilaporkan, pemecatan tersebut terjadi usai ia melontarkan pernyataan yang tidak pantas mengenai publik Korea Selatan.

“Kami memutuskan untuk memecatnya (Na Hyang-wook) untuk membuatnya bertanggung jawab kerana membuat pernyataan tidak patut yang telah merosak reputasi dari pegawai negeri awam serta membuat cacat yang besar di fikiran rakyat,” ujar Lee, sebagaimana dikutip dari Korea Times, Selasa (12/7/2016).

Pernyataan kontroversial ini sendiri dilaporkan dilontarkan oleh Na pada saat diadakannya jamuan makan malam bersama para editor dan reporter dari akhbar Kyunghyang Shinmun pada minggu lalu.

Pada pertemuan itu yang tampaknya Na sedang berada di bawah pengaruh minuman keras menyebut rakyat Korea Selatan serupa dengan ‘anjing dan babi’. Tidak berhenti di sana ia juga mengatakan, Korea Selatan perlu mengadopsi sistem kasta sebab tidak semua rakyatnya lahir setara.

No comments:

Post a Comment