Wednesday, August 17, 2016

Ya salam ! Gua Raksasa Ini Berisi Gelanggang Basketball dan Sekolah

17/8/17

Gua raksasa di China (Foto: avantgardica)
Gua raksasa di China (Foto: avantgardica)

ZHONGDONG – Di desa Zhongdong, Provinsi Guizhou, China terdapat sebuah gua raksasa yang di dalamnya terdapat gelanggang basketball dan sekolah. Gua ini diyakini dihuni oleh 100 orang penduduk sejak bertahun-tahun lamanya.

Gua tersebut berada pada ketinggian 1,800 meter di atas permukaan laut. Dengan demikian, gua ini hanya boleh diakses melalui satu jam perjalanan. Kerana kondisi tersebut, penduduk harus berjuang keras untuk bertahan hidup. Kehidupan masyarakat di gua ini menjadi semakin buruk setelah pemerintah menyatakan “China bukanlah masyarakat gua”. 

Kebijakan tersebut akhirnya memaksa sekolah yang  dekat gua terpaksa ditutup pada 2008. Sehingga, anak-anak di gua harus menempuh perjalanan selama dua jam dengan berjalan kaki setiap pagi dan petang hari untuk bersekolah di desa lain. Demikian sebagaimana dilansir Bored Panda, Rabu (17/8/2016).

Untuk meningkatkan mata pencarian seharian penduduk desa, para tetua di gua telah berusaha melobi pemerintah setempat untuk membangun sebuah jalan yang dapat menghubungkan gua dengan infrastruktur yang ada. Setelah beberapa lama, permintaan itu tidak juga ditunaikan. Namun, setelah penduduk mengadakan pertemuan dengan seorang lelaki China, beberapa bantuan mulai muncul.

Berkat perhatian media, gua raksasa ini akhirnya menarik minat para pelancung dan ketika ini tempat tersebut sudah memiliki sebatang jalan untuk menghubungkan dengan dunia luar. Seiring berjalannya waktu, semakin ramai penduduk desa yang direlokasi ke desa lain meskipun majoriti tetap ingin tinggal di gua tersebut.  

Para siswa yang dahulunya harus melalui perjalanan dua jam juga berangsur-angsur dipindahkan ke sekolah lainnya dan tinggal di sana. Pada akhir minggu dan hari cuti, mereka kembali ke gua untuk mengunjungi keluarga mereka di sana.  

No comments:

Post a Comment