Friday, April 21, 2017

Penduduk kampung menculik serta ancam bakar polis dan pegawai

 20/4/17

Ilustrasi.
Ilustrasi.

HANOI – Sekelompok petani menyandera puluhan pegawai pemerintah dan polis  menyusul sengketa tanah pada Khamis, 20 April. Mereka menutup desa dan memberikan perlawanan terhadap semua usaha penyelamatan yang coba dilakukan pihak berwenang.

Insiden itu bermula pada Sabtu, 15 April di My Duc, sebuah daerah di pinggiran Kota Hanoi, Vietnam saat pihak berwenang bentrok dengan penduduk desa yang mendakwa tanah mereka telah disita secara ilegal oleh perusahaan telekomunikasi milik militer. Krisis yang terjadi adalah sebuah bentuk perlawanan terhadap pemerintah Komunis otoritarian di mana korupsi dan penyerobotan tanah tidak jarang terjadi.

Penduduk lokal menutup desa mereka dengan halangan yang terbuat dari gelondongan kayu, karung pasir, dan batu bata, melarang orang luar untuk masuk. Mereka bahkan mengantisipasi kemungkinan dilakukannya usaha penyelamatan yang dilakukan polis  terhadap sandera.

“Kami menuangkan minyak di sekitar rumah komuniti di mana para sandera ditahan. Kami akan bertindak jika polis  menyerang kami,” kata seorang petani perempuan sebagaimana dilansir South China Morning Post, Khamis (20/4/2017). Dia menambahkan, para sandera diperlakukan dengan baik dan diberi makan tiga kali sehari.

Total, ada 38 polis  dan pegawai lokal yang ditahan penduduk sejak Sabtu minggu lalu. Tiga di antara para sandera berhasil melarikan diri sementara 15 lainnya dilepaskan pada Isnin, 17 April.
“Kami masih menahan 20 orang, termasuk dua pegawai senior lokal,” kata perempuan itu lagi.

Ini bukanlah pertama kalinya penduduk desa di Vietnam mengangkat senjata atas ketidakadilan yang dilakukan negara. Pada 2012, seorang nelayan menggunakan senjata buatan sendiri melawan pengusiran paksa terhadap dirinya.
Dia melukai tujuh orang polisi sebelum ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara selama lima tahun. Namun, tindakannya menjadi simbol ketidakpuasan rakyat terhadap hak-hak tanah.

Tidak banyak informasi mengenai kejadian di My Duc dari media lokal. Beberapa artikel mengenai peristiwa ini di media pemerintah segera menghilang setelah dipublikasikan secara online.

Le Luan, pengacara yang bertindak sebagai mediator mengatakan penduduk desa hanya ingin berbicara dengan pihak berwenang. Namun, Le sulit mengetahui apakah ada niat dari otoritas untuk menyelesaikan kasus sengketa ini.

No comments:

Post a Comment