Thursday, August 3, 2017

Qatar Pesan 7 Kapal Perang dari Itali

   02/08/2017
Menlu Qatar Minister Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani bersama Menlu Italia Angelino Alfano dalam jumpa pers di Doha, Rabu (2/8/2017).
Menteri Luar ,Minister Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani bersama Menteri Luar Itali  Angelino Alfano dalam perjumpaan media di Doha, Rabu (2/8/2017).(STRINGER / AFP)
DOHA   - Pemerintah Qatar, Rabu (2/8/2017), mengumumkan pembelian tujuh kapal perang bernilai 5 billion euro    dari Itali .

Pemesanan kapal-kapal perang ini dilakukan di tengah krisis diplomatik dengan Arab Saudi dan sekutunya yang sudah memasuki bulan kedua.
"Kami sudah meneken kontrak pembelian tujuh kapal perang dari Itali  bernilai 5 billion euro," kata Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani dalam sidang media  bersama Menteri Luar Itali, Angelino Alfano di Doha.

Kesepakatan ini menyusul penandatanganan kontrak awal pada Jun  2016 antara kelompok usaha Fincangtieri dan pemerintah Qatar untuk pemesanan empat kapal perang jenis korvet, kapal amfibi, dan dua kapal patroli.

Pada Jun  lalu, Amerika Syarikat juga sepakat menjual puluhan jet tempur F-15 bernilai 12 billion dolar ke Qatar.
Kesepakatan dengan AS itu sekaligus menegaskan dukungan Washington terhadap negeri kecil yang kini diisolasi para tetangganya.

Arab Saudi dan para sekutunya pada 5 Jun lalu memutus hubungan diplomatik dengan Qatar kerana negeri itu dituduh mendukung ekstremisme dan terlalu akrab dengan Iran.

Namun, pemerintah Qatar membantah tudingan Arab Saudi itu dan balik menuduh blok Saudi memang berniat untuk "mengepung" kerajaan kecil tersebut.
Arab Saudi dan sekutunya menginginkan Qatar memenuhi sejumlah tuntutan, antara lain menutup stesyen televisyen Al Jazeera dan pangkalan tenteraTurki, untuk pencabutan isolasi.
 Dipetik dari KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment