Sunday, August 20, 2017

Seekor Badak Yang Hanyut sampai ke India ini Dipulangkan Semula ke Negaranya

20/8/17
Para dokter hewan dan tim taman nasional berusaha memindahkan seekor badak bercula satu dari Taman Nasional Chitwan, 250 kilometer dari Kathmandu ke lokasi barunya.  
PRAKASH MATHEMA / AFP Para doktor hewan dan pasukan taman nasional berusaha memindahkan seekor badak berg adingsatu dari Taman Nasional Chitwan, 250 kilometer dari Kathmandu ke lokasi barunya. 
 
Seekor badak bercula satu tersapu banjir di Nepal hingga hanyut ke India. Kini hewan tersebut telah diselamatkan dan dipulangkan ke habitatnya di Nepal.

Badak betina muda itu ditemui di Desa Bagah, India, sekitar 42 kilometer dari Taman Nasional Chitwan Nepal.
Empat badak lain dari taman nasional itu perlu diselamatkan. Adapun seekor lainnya ditemui mati  setelah banjir besar di wilayah tersebut.

Hujan telah menyebabkan kerosakan di sejumlah wilayah Nepal, Bangladesh, dan bahagian dari India dalam beberapa minggu terakhir.
Lembah Chitwan di Nepal, yang merupakan kediaman bagi 600 badak, mengalami dampak buruk akibat banjir.
Minggu lalu, belasan gajah dan rakit dikirimkan untuk menyelamatkan 500 orang yang terjebak di kawasan tersebut.

Satu pasukan yang terdiri dari 40 anggota dari Nepal dikirimkan untuk membawa badak berusia 2 setengah tahun dari India untuk dikembalikan ke rumahnya.
"Kami dapat membawa anak badak kembali dengan dukungan pegawai kehutanan India. Ratusan orang India datang untuk menyaksikan penyelamatan itu," kata Wakil penjaga Nurendra Aryal kepada BBC Nepal.

Badak tersebut ditemukan di ladang tebu di sebuah desa di India. Badak itu diberi ubat bius dengan menggunakan anak panah dan dibawa ke sebuah truk. 
Sumber:KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment