Friday, November 24, 2017

Patut pun. Mengeluh sakit dalam perut sampai kena bedah.

 24 November 2017 

https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 24 18 1819638 mengeluh-sakit-dokter-temukan-gumpalan-rambut-1-5-kg-di-perut-wanita-india-gr5P0dnJLL.jpg 
 Gumpalan rambut di perut Suman Prasad. (Foto: Daily Mail)

NEW DELHI – Hal yang tak biasa ditemui di dalam perut seorang wanita di India. Di dalam perut wanita yang baru saja melahirkan anak  itu terdapat gumpalan rambut hingga membuatnya merasakan sakit perut parah. 

Sebagaimana diwartakan Daily Mail, Jumaat (24/11/2017), Suman Prasad merasakan sakit perut berhari-hari setelah melahirkan. Wanita berusia 25 tahun itu pun memutuskan untuk berjumpa doktor untuk memeriksakan tubuhnya.

Suaminya, Ram Prasad, membawanya ke Rumah Sakit Maharaja Yashwantrao di Indore di India barat. Doktor di rumah sakit itu awalnya menduga bahwa dia mengalami komplikasi di plasenta setelah melahirkan.
Doktor akhirnya melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap Prasad. Berdasarkan hasil CT scan, doktor menemui gumpalan rambut besar di ususnya. Mereka pun terkejut melihat hal ini.

Pasukan doktor akhirnya memutuskan untuk membuat pembedahan ke atas Prasad. Mereka berusaha mengeluarkan gumpalan tersebut dari dalam perutnya agar Prasad tak merasakan sakit lagi. Dari operasi itu, doktor berhasil mengeluarkan gumpalan rambut seberat 3 paun atau 1.5 kilogram (kg) dari perut ibu yang baru melahirkan anak pertamanya itu. 

Doktor menduga Prasad menderita sindrom Rapuzel. Orang yang menderita sindrom ini akan ketagih untuk mengunyah dan menelan rambutnya sendiri. Hal ini biasanya dialami oleh orang-orang yang masih berusia muda.
Rambut yang terus-menerus mereka makan ini dapat memberikan dampak buruk. Rambut-rambut itu dapat menggumpal hingga menyebabkan sakit perut dan mual.

Efek yang lebih fatal juga boleh terjadi kepada penderita sindrom Rapunzel. Gumpalan rambut dapat merobek dan menghalangi perut dan usus. Parahnya, kondisi ini tak dapat terdeteksi kerana gejalanya tak diketahui. Penderita akan merasa sakit yang parah ketika kondisinya sudah fatal.
Sindrom ini sangat langka terjadi. Sindrom ini dinamai Rapunzel kerana rambut panjang gadis Rapunzel dalam dongeng. Dalam perubatan, kelainan ini disebut Trichotillomania. 

Gumpalan rambut di perut Prasad berhasil dikeluarkan oleh perubatan yang terdiri dari lima doktor. Operasi ini dipimpin oleh Dr Raj Kumar Mathur. Seluruh rambut itu berhasil dikeluarkan setelah melakukan operasi selama tiga jam pada Selasa. 

"Kami pertama kali mengira rahimnya terluka dalam pencabutan plasenta. Kami memutuskan untuk membedahnya , tapi terkejut menemukan perforasi besar di ususnya,” ujar Marhur.

Mathur dan doktor lainnya mengaku terkejut ketika menemui gumpalan besar rambut itu.
"Sepertinya dia telah mengunyah rambutnya sendiri untuk waktu yang lama hingga akhirnya menggumpal di dalam perut," tuturnya. 

Menurut Mathur, kondisi pesakitnya kini telah stabil. Beruntung, ia segera pergi ke doktor ketika merasakan sakit perut tersebut, jika tidak mungkin  nyawanya  terancam. (DJI)

No comments:

Post a Comment