Monday, July 16, 2018

Pasukan Perubatan Australia yang bantu penyelamatan di Gua Thailand diberikan kekebalan diplomatik

  16 Jul  2018  

https: img.okeinfo.net content 2018 07 16 18 1922951 tim-dokter-australia-yang-bantu-penyelamatan-di-gua-thailand-diberikan-kekebalan-diplomatik-GXQ695duxA.jpg  
Foto: Reuters.
BANGKOK – Thailand memberikan kekebalan diplomatik kepada tiga warga negara Australia yang membantu dalam penyelamatan anak-anak anggota pasukan bola sepak yang terperangkap di gua jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai pada Isnin. 

Seperti diberitakan sebelumnya, ke-12 anggota pasukan bola sepak  “Wild Boar” dan jurulatih mereka telah dirawat di rumah sakit setelah berhasil dikeluarkan dari Gua Tham Luang minggu lalu. Mereka dilaporkan menjalani pemulihan dan dijadualkan akan diizinkan pulang dari rumah sakit di Chiang Rai pada Khamis.

Puluhan penyelam dan personel pasukan penyelamat asing ikut ambil bahagian dalam usaha penyelamatan selama 17 hari tersebut. Namun, kekebalan diplomatik hanya akan diberikan pada Doktor Richard Harris dan dua pembantunya dari Australia.

"Doktor Richard Harris melakukan yang terbaik dalam misi perubatan yang menjadi tanggung jawabnya, tetapi jika ada yang salah dia memerlukan perlindungan," kata Menteri Luar Don Pramudwinai kepada Reuters, Isnin (16/7/2018).
“Kami memberikan ini hanya kepada Dr. Richard Harris dan dua pembantunya  . Hanya untuk tim medis Australia, ” jelasnya. 

Dia mengatakan bahwa Pemerintah Thailand mengerti mengenai risiko dari tugas Haris dan kedua pembantunya itu dalam misi penyelamatan para remaja tersebut, kerana itulah Bangkok telah membuat kesepakatan dengan Pemerintah Australia.

"Pemerintah Thailand ingin mengucapkan terima kasih kepada Dr. Harris," tambahnya. 

Pemerintah Australia belum memberikan komentarnya mengenai pemberian kekebalan diplomatik tersebut. 

Harris, seorang ahli anestesi, pergi ke Gua Tham Luang untuk menilai kesihatan para korban dan merupakan salah satu penyelamat terakhir yang keluar dari gua setelah ke-12 anak-anak yang berusia antara 11 sampai 16 tahun, dan jurulatih mereka yang berusia 25 tahun dibawa ke tempat yang selamat. Namun, kejayaan misi penyelamatan itu diwarnai dengan kepahitan kerana ayah Harris meninggal dunia di Australia beberapa saat setelah operasi tersebut selesai minggu lalu
Disunting dari Okezone

No comments:

Post a Comment