Thursday, July 12, 2018

Penampakan terkini para remaja yang diselamatkan dari Gua Thailand

  Khamis 12 Jul  2018  

https: img.okeinfo.net content 2018 07 12 18 1921177 penampakan-terkini-para-remaja-yang-diselamatkan-dari-gua-thailand-oyb2R0nCWC.jpg  
Orangtua dan keluarga para remaja mangsa gua Thailand. (Foto: Kementerian Humas Thailand)

PEMERINTAH Thailand menerbitkan video para remaja yang menjalani  rawatan di rumah sakit setelah terperangkap di dalam gua yang banjir selama dua minggu. Penyelamatan mereka yang dramatik digambarkan sebagai "misi mustahil", namun pada akhirnya 12 remaja dan seorang jurulatih dapat  dikeluarkan melalui lorong-lorong gua yang sangat sempit dan terendam air. 

Evakuasi ini memerlukan waktu tiga hari dan mereka diangkat dalam tiga gelombang. Foto-foto para remaja itu untuk pertama kalinya dikeluarkan oleh Kementerian Humas Pemerintah Thailand pada Rabu 11 Julai 2018.

Terlihat mereka memakai penutup mulut dan seragam pesakit, salah satu di antaranya mengacungkan tanda kemenangan ketika disorot kamera. 

Sumber-sumber yang dekat dengan pasukan penyelamat mengatakan bahwa para remaja ini diberi ubat penenang agar tidak panik ketika melewati lorong-lorong gua yang sempit dan gelap.
(Foto: Kementerian Humas Thailand)
Mereka dilekatkan ke satu dari dua penyelam yang ditugaskan mengawal setiap remaja ketika melewati labirin gua untuk kemudian ditaruh ke tandu ketika melewati bahagian gua yang kering. 

Pemerintah Thailand juga menerbitkan video pihak keluarga yang sekarang dapat melihat para remaja tersebut di rumah sakit, meski tidak boleh bertemu langsung. Pihak keluarga menyaksikan remaja ini dari ruang yang dipisahkan dengan kaca.
Sebelumnya, komandan kesatuan SEAL Angkatan Laut Thailand mengatakan kejayaan operasi penyelamatan 12 remaja dan jurulatih mereka dari Gua Tham Luang merupakan "harapan yang menjadi kenyataan." 

"Kami punya secercah harapan bahwa mereka mungkin masih hidup, tapi kami harus melakukannya, kami harus maju ke depan," kata Laksamana Muda Arpakorn Yuukongkaew dalam wawancara pertama dengan media sejak insiden tersebut. 

"Hanya ada secuil harapan, tapi hanya itu yang harus kami kerjakan," sambungnya.
(Foto: Getty Images)
Pegawai Kementerian Kesihatan mengungkap bahwa empat remaja yang dibawa pada   8 Julai sudah menyantap makanan secara normal. Kemudian empat remaja yang diselamatkan pada  9 Julai akan melakukan hal serupa pada Rabu 11 Julai. 

Adapun empat remaja dan jurulatih yang dikeluarkan dari gua pada Selasa 10 Julai harus menjalani pemeriksaan kesihatan rutin. Sejauh ini tidak ada infeksi serius yang mereka alami. 

Kelompok pertama sudah dikunjungi keluarga mereka, sedangkan keluarga kedua baru diizinkan bertemu keluarga pada Rabu 11 Julai. 
  Sumber:Indonesia

No comments:

Post a Comment