Tuesday, April 29, 2014

Tornado di Arkansas dan Oklahoma. 17 OrangTerbunuh

  28/04/2014   

Little Rock, - Tornado yang menerjang bahagian selatan-tengah Amerika Syarikat pada Ahad (27/4) telah menghancurkan negara   Arkansas dan Oklahoma. Tornado itu menyebabkan kematian sedikitnya 17 orang.

Otoriti setempat terus mencari para korban yang tertimbun  di bawah runtuhan dan berharap masih ada yang dapat diselamatkan.

Angin kencang membuat rumah dan mkereta-kereta terbalik dan menumpuk di atas runtuhan bangunan lainnya. Kota kecil Vilonia di baha gian tengah Arkansas mengalami kerosakan terparah.

Otoriti Arkansas mengatakan sedikitnya 10 orang terbunuh di Faulkner dan enam korban meninggal lainnya berasal dari seluruh negara tetangga Oklahoma itu.

Petugas terus mencari korban dengan menggali runtuhan di Vilonia. Salah satu televisyen kabel di sana Weather Channel menayangkan gambar dahsyatnya terjangan tornado. Kereta terbalik dan di dalamnya masih terdapat penumpang.

Tornado juga menghantam sisi timur Mayflower sekitar 07.30 waktu setempat dan menewaskan sedikitnya satu orang , merobek pohon dan menjatuhkan kabel elektrik.

"Sangat berbahaya di sini sekarang. Kabel elektrik turun , jalan yang diblokir dan mereka harus melanjutkan dengan hati-hati," kata seorang anggota dewan kota, Will Elder seperti dilansir Reuters Isnin (28/4/2014).

Departemen Manajemen Darurat Arkansas mengatakan 10 orang ditemukan meninggal di Faulkner, lima di Pulaski County dan satu di White County. Satu orang juga dilaporkan meninggal di kota kecil Quapaw, di timur laut Oklahoma.

Badai tornado terlihat 200 kilometer di sebelah timur laut Oklahoma sekitar pukul 05.45 waktu setempat. Media dan Dinas Cuaca Nasional telah mengeluarkan peringatan bencana tornado di negara  Arkansas, Tennessee dan Mississipi.

Foto: Reuters

No comments:

Post a Comment