Wednesday, May 27, 2015

Cuaca Panas di India, 700 Orang Meninggal

  26 Mei 2015

Cuaca Panas di India, 700 Orang Tewas
SERAMBI INDONESIA/BUDI FATRIA
ilustrasi cuaca
TRIBUNNEWS.COM  JAKARTA - Korban tewas akibat udara panas yang melanda India dalam sepekan terakhir di hari Selasa (26/5/2015), mencapai 700 orang.

Daerah yang paling terkena dampak udara panas adalah negara bagian Andhra Pradesh, di mana korban tewas disana menurut pihak berwenang mencapai lebih dari 550 orang. Sementara 215 orang lainnya dilaporkan tewas di negara bagian Telangana.

Menurut BP Yadav, Direktur Departemen Meteorologi India (IMD), suhu tertinggi tercatat mencapai hingga 47 derajat Celsius atau setara dengan 117 derajat Fahrenheit di wilayah Angul di Odisha di hari Senin,

Kondisi diperparah dengan angin yang bertiup dari provinsi Sindh, Pakistan di dataran utara dan tengah India.
"Cuaca ekstrim, panas kering ini ditiup ke India oleh angin barat," kata Yadav seperti dikutip dari CNN.

IDMB memperingatkan bahwa cuaca ekstrim akan berlangsung selama dua hari ke depan dengan udara yang lebih panas akan datang menyusul.

Banyak korban tewas adalah orang tak punya seperti pengemis dan gelandangan, serta pekerja konstruksi yang bekerja di luar ruangan dan langsung terkena paparan sinar matahari.

Hanya sekitar sepertiga dari 1,2 miliar orang yang tinggal di India tidak memiliki akses listrik, yang berarti jutaan orang harus bertahan dari paparan udara panas tanpa mendapatkan
bantuan dari pendingin ruangan.
Banyak dari mereka yang mencari tempat berteduh di mal-mal dan pertokoan.(CNN)

No comments:

Post a Comment