Thursday, June 23, 2016

Lebih dari 50 orang terbunuh disambar petir

22/6/16

Lebih dari 50 orang tewas tersambar petir di India
  petir. ©REUTERS
 Hujan lebat serta cuaca buruk di beberapa negara bahagian India memakan korban. Dilaporkan 55 orang terbunuh akibat sambaran petir sejak awal minggu ini.

Korban petir terbanyak berasal dari Daerah Nalanda, Aurangabad, Rohtas, serta Purnea di pelosok Bihar. Dalam 24 jam terakhir saja ada 47 meninggal tersambar petir, seperti dilaporkan oleh Indian Express, Rabu (22/6).
Di luar petir, hujan lebat memicu luapan sungai serta tanah longsor turut menambah jumlah korban jiwa serta luka. Di Uttar Pradesh, negara bagian yang juga mengalami cuaca buruk, sedikitnya 13 orang meninggal.

Chandrashekhar, Menteri Penanggulangan Bencana India, menyatakan korban sambaran petir tahun ini di luar perkiraan. Bantuan logistik serta santunan kini sedang diarahkan ke Bihar yang dilanda bencana paling parah.
"Korban maut  diperkirakan boleh bertambah," ujarnya.

Kejadian warga meninggal akibat sambaran petir cukup lazim di Negera India.   Korbannya rata-rata petani yang berkeras pergi ke ladang ketika  hujan lebat. Namun baru kali ini dalam sehari semalam korban jiwa lebih dari 40 orang.

Berdasarkan catatan Biro Kriminal Nasional India (NCRB), warga meninggal tersambar petir dua tahun lalu mencapai 2,500 kes.
Musim hujan di India biasa dimulai Jun  hingga November. Namun ada kemungkinan banjir akan melanda sebahagian wilayah lebih parah dibanding tahun-tahun sebelumnya akibat perubahan iklim. 
Sumber:Merdeka.com

No comments:

Post a Comment