Friday, July 8, 2016

Kanak-kanak lelaki ini miliki hidung di dahi

7/7/16

Arun Patel saat hidungnya masih di dahi. (Foto: S Niazi)
Arun Patel  ketika hidungnya masih di dahi. (Foto: S Niazi)

INDORE – Menderita pneumonia (radang paru-paru)  dari lahir, membuat tulang hidung anak laki-laki di India ini rosak teruk. Arun Patel, anak laki-laki itu, terus dibawa orangtuanya berjumpa doktor di desa mereka, pusat Negara  Madhya Pradesh.

Namun, pengubatan yang dijalaninya sejak bayi itu justru membuat kondisinya semakin parah. Sampai akhirnya, ketika menginjak usia remaja, dia kehilangan batang hidungnya akibat kerosakan jaringan yang meluas.

Kes ini pun mengundang perhatian dunia perubatan India untuk mencarikan jalan keluarnya. Memerlukan waktu hingga 12 tahun, pasukan doktor di Kota Indore memutuskan melakukan pembedahan plastik empat tahap yang sangat langka untuk memberikan Arun hidung baru.

Namun, tindakan yang agak berbeda dilakukan dalam kes sini. Anak laki-laki itu menjadi manusia pertama yang pernah memiliki hidung di dahi.
“Saya sangat yakin bahawa hidung barunya akan bekerja dengan sangat baik, selayaknya organ tubuh lain,” tegas Doktor Ashwini Dash, selaku ketua operasi tersebut, seperti dikutip dari BBC, Rabu (6/7/2016).

Operasi plastik yang baru rampung setahun lamanya itu berlangsung dalam empat tahap. Pertama, menanamkan jaringan baru yang terbuat dari silikon di dahinya untuk memberi ruang bagi hidung baru itu bertumbuh. Kemudian cairan kimia khusus disuntikkan ke jaringan tersebut.

Tahap kedua, kulit untuk tulang rawan hidungnya diambil dari dadanya dan dibentuk sebagaimana tampilan luar hidung manusia pada umumnya. Pertumbuhannya diperkirakan memerlukan waktu tiga bulan.
Tahap ketiga, doktor mulai melepas hidung buatan di dahinya dan menyematkan hidung itu di posisi semestinya di wajah. Sehingga pada tahap akhir, dahi si anak laki-laki itu boleh diperbaiki.
(Sil)

Sumber:Okezone.com

No comments:

Post a Comment