Monday, October 24, 2016

Wasiat Unik. Luar biasa

24/10/16

Foto pasangan Hayes menerima tanda jasa dari Presiden Francois Hollande (Foto: Getty Image/AFP)
Foto pasangan Hayes menerima tanda jasa dari Presiden Francois Hollande (Foto: Getty Image/AFP)

 PARIS – Biasanya wasiat seseorang setelah meninggal dunia melibatkan pembahagian harta ke ahli waris, yaitu anak dan keluarga. Tetapi, pasangan suami-istri asal Amerika Syarikat ini punya wasiat cukup tidak biasa.
Mereka berjanji akan mendermakan koleksi karya seni mereka ke sebuah museum di Paris, Perancis. Tidak tanggung-tanggung, kumpulan karya seni tersebut ditaksir bernilai sekira  USD381 juta.

Sebagaimana dikutip dari NHK,  24/10/2016  Spencer Hays dan istrinya, Marlene, akan mendonasikan setidaknya 600 karya seni ke Musee d'Orsay. Di antara koleksi itu adalah hasil karya terkenal dari Edgar Degas, Amedeo Modigliani dan seniman lainnya yang berasal dari abad 19 serta 20.

“Derma ini yang luar biasa secara ukuran dan koherensinya merupakan derma terbesar yang diberikan kepada sebuah museum Perancis yang diterima dari pihak asing semenjak 1945,” ujar Menteri Kebudayaan Perancis, Audrey Azoulay.

Pasangan suami-isteri Hayes mulai mengumpul karya seni Prancis semenjak kunjungan pertama mereka ke Paris pada 1971. Koleksi mereka telah berkembang pesat dan didakwa saat ini bernilai USD381 juta 

Pasangan yang sudah berusia 80 tahun itu berharap, donasi tersebut boleh membuat orang-orang menghargai berbagai karya seni milik keduanya setelah mereka meninggal . Kerana sumbangsihnya terhadap Perancis, Presiden Francois Hollande menganugerahkan keduanya tanda jasa Ordre national de la Legion d’honneur.

No comments:

Post a Comment