Friday, July 8, 2011

Penemuan 1,400 bakteria yang berbeza di pusat manusia

Ilmuwan menemukan 1,400 bakteria yang berbeza di pusat manusia. Sebanyak 662 di antaranya adalah spesies baru. Penemuan oleh projek Belly Button Biodiversity ini menjelaskan bahawa pusat merupakan lingkungan yang menarik bagi bakteria.

Projek yang dilakukan oleh North Carolina University di Raleigh, Amerika Serikat, ini mengambil sampel dari para relawan.

Projek ini bertujuan membuat orang tertarik dalam bidang mikrobiologi dan mengurangi kekhuatiran terhadap mikroba penyebab penyakit. Penelitian yang dipimpin Rob Dunn dan Jiri Hulcr ini ternyata mengungkap data baru mengenai mikroorganisme yang hidup di tubuh manusia.

“Beberapa spesies yang ditemukan ternyata pernah ditemukan di laut,” tulis Carl Zimmer, penulis ilmiah yang turut menyumbangkan sampel dari pusatnya, di blog.

Pada sampel yang diambil dari pusatnya, juga ditemukan spesies Georgenia, spesies yang selama ini hanya ditemukan di Jepun.

Zimmer mengaku belum pernah ke sana. Meskipun jenis mikroba baru yang ditemukan cukup banyak, kuantitinya hanya sedikit. “Sebanyak 40 spesies setara dengan 80 peratus populasi bakteria di pusat,” tulis Peter Aldhous, juga seorang penulis ilmiah yang menyumbang sample.
ibenz Official Blog

No comments:

Post a Comment